PERENCANAAN
BISNIS PUPUK KOMPOS
I.
Ringkasan
eksekutif
Pada saat ini telah banyak produk
organik yang dijual di pasar dengan harga yang menggiurkan. Masyarakat mulai
menkonsumsi kembali hasil pertanian organik. Melihat kondisi tersebut,ada
sebuah peluang usaha yaitu membuat pupuk kompos.sekarang masyarakat mulai
tertarik pada hal-hal yang organik . Keinginan setiap orang untuk hidup sehat
dengan menkonsumsi produk organik dan para petani yang banyak baralih pada
pertanian organik dapat dijadikan sebagai salah satu faktor pendukung memulai
usaha. Menkomsi yang organik sudah menjadi suatu tren dalam masyarakat.suatu.
Dalam hal pertanian,petani membutuhkan pupuk organik untuk menciptakan hasil
yang organik sesuai keinginan. Semakin tinggi angka konsumsi produk organik
dari masyarakat maka akan semakin banyak petani yang menghasilkan produk
oraganik. Maka , dapat dilihat peluang usaha untuk membuat pupuk organik sangat
besar. Selain itu usaha pupuk ini tidak membutuhkan banyak keahlian, status
pemasarannya yang cukup besar, juga mendukung kebersihan lingkungan dan
kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu menjadi suatu gagasan usaha baru untuk
membuat usaha pupuk kompos. Sekaligus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
Bisnis
yang akan kami lakukan ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis
ini dikelola dan dikembangkan secara bersama-sama dan tiap orang memiliki tugas
masing-masing. Yaitu: 1 orang sebagai menciptakan produk ,1 orang sebagai
mengatur keuangan dan 1 orang sebagai promotion (pemasaran).
Menciptakan
sebuah usaha pupuk kompos sulit untuk dipasarkan karena telah banyak pengusaha
lain yang membuat hal yang sama. Oleh sebab itu dengan usaha yang akan
dikembangkan ini akan ada product baru yang memanfaatkan daun-daun sekitar
lingkungan yang lebih organik. Dengan menciptakan perbandingan antara dedauanan
dengan kotoran ternak yang lebih baik bagi pertumbuhan tumbuhan petani. menanyakan
langsung pada petani (konsumen) sesuai dengan kondisi lapangan.
Jenis produk yang dihasilkan adalah berupa pupuk kompos yang terbuat dari dedauan dan kotoran ternak.
Persaingan
usaha pupuk kompos cukup ketat. Artinya usaha ini banyak memiliki pesaing
sehingga kondisi persaingan dilakukan semaksimal mungkin agar tidak jauh
tersaingi oleh pesaing.
Target dan ukuran pasar
1.
Target pasar
Yang menjadi
hal terpenting dan kunci utama yang pelu diperhaitkan adalah target pasar.
Target pasar adalah semua petani baik petani dengan lahan luas maupun lahan
kecil dan rumahan . target pasar dapat diperluas yaitu
distributor-distributor pupuk kompos.
Karena pupuk ini tidak hanya untuk tanaman petani di kebun saja,juga untuk
tanaman bunga hias dan tanaman rumahan sebagainya. Pesaing adalah pengusaha
lain yang memproduksi pupuk kompos
2.
Ukuran pasar
Keadaan
pasar cukup meyakinkan untuk mengembangkan usaha ini. Karena pupuk selalu dibutuhkan
oleh semua orang yang memiliki tanaman, perkebunan dan sebagainya. Ukuran pasar
tidak terbatas , produk dapat berjalan atau berkembang dalam daerah maupun luar
daerah.
Usaha pupuk kompos
adalah bisnis kepercayaan dan “kualitas”. Untuk membuka pasar kami harus bisa
menggunakan jasa penyuluh di berbagai perkebunan, dan mempromosikannya pada
orang yang memelihara tanaman di rumah
secara langsung.. Menggunakan jasa kerabat, rekan atau kawan menggunakan pupuk
kompos tersebut pada tanaman atau kebunnya. Jika kami bisa menciptakan
kepercayaan dari jasa yang ada maka akan tercipta suatu kepercayaan . dari
kepercayaan kepada product kami, akan muncul dan tersebar dari mulut ke mulut
dan hal ini diyakini lebih efektif daripada harus menyebarkan brosur dan
beriklan yang akan membutuhkan biaya yang besar dari kepercayaan itu juga akan
dapat dilakukan penawaran pada toko-toko usaha tani. Pada awal pembukaan usaha,
kami akan melakukan promosi, salah satunya dengan menawarkan harga yang sedikit
miring untuk setiap pembelian
Tidak
dibentuk tim manajemen secara khusus. Hanya ada : 1 orang
sebagai menciptakan produk ,1 orang sebagai mengatur keuangan dan 1 orang sebagai
promotion (pemasaran).
Jumlah modal
yang diperlukan
no
|
Bahan
|
Harga/unit
|
unit
|
Jumlah
|
1
|
daun
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Kotoran
ternak
|
5.000
|
40
|
Rp 200.000
|
3
|
Air PAM
|
|
|
Rp 25.000
|
4
|
Arang
sekam
|
6000
|
2
|
Rp 12.000
|
5
|
Tanah
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Pemacu
mikroorganisme
|
|
|
Rp 100.000
|
7
|
Aktivator
pengomposan
|
|
|
Rp 50.000
|
8
|
Kalsit/kapur
|
|
|
Rp 50.000
|
9
|
Upah kerja
|
500.000
|
2
|
Rp 1.000.000
|
|
Jumlah
|
Rp.1.437.000
|
No
|
Alat
|
Harga/unit
|
unit
|
jumlah
|
1
|
cangkul
|
40.000
|
2
|
Rp 80.000
|
2
|
Drum
|
100.00
|
5
|
Rp 500.000
|
3
|
Karung
plastik
|
1000
|
100
|
Rp 100.000
|
4
|
Sepatu
boot
|
20.000
|
2
|
Rp 40.000
|
5
|
Timbangan
|
50.000
|
1
|
Rp 50.000
|
6
|
Saringan
pasir
|
15.000
|
1
|
Rp 15.000
|
|
|
Jumlah
|
Rp 685.000
|
Jadi jumlah
modal yang diperlukan adalah Rp 2.222.000
·
BEP
Harga =
·
BEP
Produksi =
R/C
Rasio
Artinya,
jika
R/C rasio lebih besar dari satu usaha itu layak
Pay
Back Period
Biaya produksi + keuntungan =
2.222.000+ 3.000.000 = 5.222.000
Perhitungan biaya yang dibutuhkan
diatas merupakan biaya yang dibutuhkan awal untuk memulai usaha. Dengan
perhitungan produksi selama 15 hari atau 1x kegiatan produksi.
II.
Deskripsi
bisnis
Identitas
Perusahaan : Ap (Agriculture Product)
Bidang usaha
: bidang pertanian
Visi : “ menjadikan produk yang diciptakan menjadi
produk yang banyak dikenal masyarakat karena mutu dan kualitas yang bagus. ”
Misi : 1. Menciptakan kompos yang berkualitas
2. memenuhi keinginan masyarakat
3. menciptakan penyuluhan kepada petani
tentang pertanian organik.
Ruang
lingkup bisnis : usaha ini dapat memenuhi lingkup pertanian
dan perkebunan
Personalia
dan perlengkapan kantor :
tidak ada perlengkapan yang patut dipenuhi
Latar
belakang identitas pengusaha :
ketiga pengusaha merupakan mahasiswa Universitas Bengkulu fakultas pertanian
program studi Agroekoteknologi
Karakter
produk : kompos cocok untuk semua kondisi tanah, baik untuk lahan tahap
rehabilitasi dan ramah lingkungan
III.
Srategi
pasar
Karakter Pasar bersifat universal atau terbuka, target
yang ingin dicapai adalah menjadi produk yang banyak dikenal oleh masyarakat
kota Bengkulu.
posisi pasar usaha pupuk kompos sangat banyak. Di setiap daerah pertanian perkebunan baik rumahan maupun secara luas.
posisi pasar usaha pupuk kompos sangat banyak. Di setiap daerah pertanian perkebunan baik rumahan maupun secara luas.
Penetapan
harga penjualan tidak tetap. Harga dipengaruhi oleh barang pokok yang
dibutuhkan, dan letak pasar . misalnya jika harga kotoran ternak mahal maka
harga pupuk kompos yang dijual juga naik. Dalam menetapkan harga kita perlu
melakukan pengamatan dan membandingkan dengan sebaik mungkin. Bukan hal yang
aneh apabila harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan
tidak efektif. Dalam hal ini kita perlu melakukan percobaan berkali-kali hingga
menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan perusahaan pembuat kompos yang
lain.
Pelaksanaan distribusi dilakukan secara manual atau secara langsung. Jika ada pesanan
akan diantar ke alamat atau ke tempat yang dijanjikan sesuai kesepakatan. Jika
ada yang membeli secara langsung akan dipenuhi secara langsung (diperoleh
secara langsung)
Bisnis kompos
adalah bisnis kepercayaan dan “kualitas”. Untuk membuka pasar kami harus bisa
memulai dengan menggunakan jasa penyuluh pertanian. Jika kami bisa menciptakan
kepercayaan dari jasa yang ada maka akan tercipta suatu kepercayaan . dari
kepercayaan kepada product kami, akan muncul dan tersebar dari mulut ke mulut
dan hal ini diyakini lebih efektif daripada harus menyebarkan brosur dan beriklan
yang akan membutuhkan biaya yang besar dari kepercayaan itu juga akan dapat
dilakukan penawaran pada toko-toko usaha tani. Pada awal pembukaan usaha, kami
akan melakukan promosi, salah satunya dengan menawarkan harga yang sedikit
miring untuk setiap pembelian
produk dikembangkan dengan cara mendukung kebijakan
pemerintah yang mencanangkan pertanian organik pada tahun 2025 serta kebutuhan
masyarakat yang menginginkan bahan pangan organik.
Kompos yang sudah jadi bisa dijual langsung atau
ditingkatkan kualitasnya dengan cara menambahkan zeolit dan kotoran ternak,
masing-masing 10%. Kotoran ternak yang dicampurkan harus yang sudah kering.
Sealain, meningkatkan kualitasnyakemasannya juga bisa diperbaiki dengan
menggunakan kemasan yang lebih eksklisif sehingga harganya bisa lebih tinggi.
IV.
Analisis
Kompetisi
Kompetisi di
lapangan atau di pasar sangat ketat. Banyak pesaing baik langsung (bentuk dan
fungsi sama) yang menjual produk accesories bros dari kain flanel maupun
pesaing tidak langsung,yaitu penjual yang menjual accesories dalam bentuk lain
yang ada di pasar. Sehingga kompetisi yang ada sangatlah besar.
Untuk
berkompetisi, potensi yang dimiliki usaha kami cukup meyakinkan konsumen atau
masyarakat. Karena usaha yang kami ciptakan menerima pesanan sedangkan usaha
yang lain hanya menjual yang ada saja.
Sehingga posisi
usaha ini dalam persaingan cukup berkompeten,lebih baik dari usaha yang lain.
Persaingan
yang ketat sangat diperlukan sebuah strategi . strategi yang dapat dilakukan
diantaranya adalah meyakinkan konsumen terhadap produk dengan cara mengajak
beberapa konsumen turut bergabung atau melihat proses pembuatan produk. Tiap
kurun waktu tertentu akan dilakukan wawancara secara tidak langsung kepada
konsumen yang mengalami keluhan terhadap produk.
Tiap usaha
yang ada memiliki kelemahan. Adapun kelemahan dari usaha ini adalah :
1. Tenaga kerja
yang ada hanya satu orang
2. Sistem
manajemennya hanya dikendalikan oleh satu orang sehingga kurang memiliki
pondasi usaha yang kokoh
3. Keterbatasan
tenaga yang akhirnya dapat mengecewakan komsumen
4. Kemungkinan
tidak semua produk yang jadi dapat dikatakan berkualitas, bisa saja saat berada
di tangan konsumen,produk tidak bagus
V.
Rencana
design dan pengembangan
Dalam setiap usaha diperlukan adanya
prosedur operasi. Yaitu ketentuan-ketentuan yang harus dijalankan dalam usaha.
Untuk memenuhi prosedur operasional, tiap pengusaha harus bersikap jujur.
Adapun prosedur operasional yang
terdapat dalam usaha ini adalah :
1.
Tiap kas yang masuk wajib dicatat di pembukuan
2.
Untuk membeli barang kebutuhan produk harus disertai
dengan kwitansi atau bone
3.
Tiap pengusaha bersifat jujur
4.
Selalu memenuhi janji terhadap pesanan konsumen
5.
Memiliki konsekuensi jika terdapat sikap tidak sesuai
dengan aturan usaha
6.
Selalu konsisten terhadap kewajiban
Dalam
menjalankan usaha ini tidak ada fasilitas yang harus dipenuhi.sehingga usaha
optimal yang dilakukan adalah menciptakan produk dengan baik agar dapat
berkembang.
VI.
Rencana
Operasi dan Manajemen
Pengelolaan usaha hanya melibatkan 5 orang ,yaitu :
1.
1 orang sebagai menciptakan produk
2.
1 orang sebagai mengatur keuangan
3.
1
orang sebagai promotion (pemasaran).
4.
2 orang karyawan
Tiap peran
yang ada di atas masing-masing nya telah diberi tugas/ kewajiban sesuai dengan
bidangnya atau keahlian yang dimilikinya.
Jika usaha telah menunjukkan perkembangan yang
baik dan pesat akan dibutuhkan karyawan yang lebih banyak.
VII.
Analisis
Rencana Keuangan
Biaya
produksi pertama :
no
|
Bahan
|
Harga/unit
|
unit
|
Jumlah
|
1
|
daun
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Kotoran
ternak
|
5.000
|
40
|
Rp 200.000
|
3
|
Air PAM
|
|
|
Rp 25.000
|
4
|
Arang
sekam
|
6000
|
2
|
Rp 12.000
|
5
|
Tanah
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Pemacu
mikroorganisme
|
|
|
Rp 100.000
|
7
|
Aktivator
pengomposan
|
|
|
Rp 50.000
|
8
|
Kalsit/kapur
|
|
|
Rp 50.000
|
9
|
Upah kerja
|
500.000
|
2
|
Rp
1.000.000
|
|
Jumlah
|
Rp.1.437.000
|
No
|
Alat
|
Harga/unit
|
unit
|
jumlah
|
1
|
cangkul
|
40.000
|
2
|
Rp 80.000
|
2
|
Drum
|
100.00
|
5
|
Rp 500.000
|
3
|
Karung
plastik
|
1000
|
100
|
Rp 100.000
|
4
|
Sepatu
boot
|
20.000
|
2
|
Rp 40.000
|
5
|
Timbangan
|
50.000
|
1
|
Rp 50.000
|
6
|
Saringan
pasir
|
15.000
|
1
|
Rp 15.000
|
|
|
Jumlah
|
Rp 685.000
|
Jadi, biaya produksi pertama adalah Rp.2.222.000/2
minggu
Keuntungan yang diperoleh adalah Rp.778.000/2minggu
Maka total semua pendapatan adalah 2.222.000
+ 778.000= 3.000.000/2 minggu
Hitung biaya produksi per bulan
Bulan ke-
|
Biaya
produksi
|
Keuntungan
|
kas
|
I
|
2.222.000
|
778.000
|
200.000
|
2.722.000
|
952.700
|
300.000
|
|
II
|
3.322.000
|
1.162.700
|
400.000
|
4.084.000
|
1.429.645
|
500.000
|
|
jumlah
|
12.350.000
|
4.323.045
|
1.400.000
|
Dari tabel diatas menjelaskan bahwa selama dua bulan
keuntungan yang akan diperoleh adalah Rp 4.323.045
Usaha ini
tidak menggunakan penambahan modal baru,hanya memutar kembali hasil yang
diterima. Kas merupakan biaya yang dikeluarkan dari total biaya produksi dan
keuntungan,guna untuk jaga-jaga akan kerugian nantinya jika terjadi.
Tabel diatas
juga menjelaskan bahwa keuntungan yang diperoleh tiap bulannya dengan ketetapan
35 % dari biaya produksi.
\
Ringkasan
Usaha pupuk
kompos ini merupakan usaha yang legal, ada surat izin usaha dari kementrian
pertanian. usaha ini masih usaha yang statusnya menengah.
Produk yang
dihasilkan berupa pupuk kompos yang terbuat dari dedaunan dan kotoran ternak.
Dengan membuat kualitas pupuk yang baik untuk perkebunan maupun rumahan.
Mengupayakan pupuk yang berkualitas dan terjangkau . Produk yang dihasilkan
kemungkinan besar akan cepat dilirik oleh konsumen. Konsumen dapat mencapai
semua ruang lingkup. Yang paling banyak atau dominan adalah pada petani .
Jika dilihat
dari segi keuangannya, memiliki kemungkinan besar untuk memperoleh keuntungan.
Sangat kecil mendapatkan kerugian. Karena produk yang dijalankan akan selalu
dibutuhkan oleh masyarakat khususnya oleh petani.
Usaha ini dapat berkembang untuk tahun kedepannya.
Sebelumnya telah dibahas bahwa dalam 2 bulan akan didapatkan keuntungan sebesar
Rp 4.323.045 jika di targetkan usaha ini
berkembang sampai 3-7 tahun yang akan datang maka keuntungan yang akan diraup
adalah Rp.77.814.810 -181.567.890. keuntungan ini merupakan keuntungan bersih.
Jika ada
investor yang tertarik ,modal yang diperlukan minimal Rp.5.000.000 dengan
keuntungan yang akan diproleh sebanyak 20%.
Keuntungan
yang kami peroleh dari usaha adalah 35% maka, bagi investor yang berminat,
mendapatkan keuntungan 4/7 dari keuntungan usaha kami.
cocok sekali dengan usaha home industri
BalasHapussyukron saya ijin sebagai tambahan referensi
BalasHapusInformasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.
BalasHapus